jQuery Mobile Framework

Navigation Search

Forums - Kompilasi Tanya Jawab

HUKUM PINJAM UANG DARI KOPERASI DENGAN BUNGA 1 PERSEN ATAU LEBIH KECIL DARI ITU

Rabu, 29 Agustus 2012 , 20:38:51
Oleh : Ummu Adam

Pertanyaan :
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بارَكَ اللهُ فيْكُمْ ustadz
Bolehkah kita meminjam uang koperasi kantor yg ada bunga 1 %. Karena sebagian teman kantor berpendapat bunga yg diperoleh koperasi utk kepentingan anggota juga. Dan pada akhir tahun dapat sisa hasil usaha.
Mohon jawabannya ustadz
​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 214)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Pinjam-meminjam uang dengan adanya bunga sekecil apapun hukumnya TIDAK BOLEH (Haram) karena hal itu termasuk RIBA yg merupakan dosa besar. Hal ini sbgmana disebutkan dlm sebuah hadits: (Kullu Qordhin Jarro Manfa'atan fahuwa Riba) Artinya: "Setiap pinjaman yg mendatangkan suatu manfaat maka itu adalah riba." Dan di dlm Al-Quran Allah berfirman: (Wa ahallallahu albai'a wa harroma ar-riba) Artinya: "Dan Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba."

Maka dari itu, hendaknya kita menjauhkan diri dan keluarga kita masing2 dari segala macam bentuk riba yg mana telah membudaya di mana-mana dan menjerumus para pelakunya ke dalam jurang kehancuran dan kebangkrutan di dunia dan akhirat. Di dalam hadits shohih, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: (Ijtanibu as-sab'a almubiqoot. Qolu wa hunna ya rasulallhu? Qola asy-syirku billah, wa aklu ar-riba... Dst) Artinya: "Jauhilah oleh kalian 7 perkara yg membinasakan (pelakunya). Maka mereka (para sahabat) bertanya: apa saja 7 perkara itu wahai Rasulullah? Jawab beliau: "Berbuat syirik kpd Allah, memakan harta Riba...".

Demikian Jawaban dari kami.
Smg bermanfaat. Wabillahi at-taufiq.