jQuery Mobile Framework

Navigation Search

Tanya Ustadz

Seandainya Kuburan Tidak Boleh Berada di Dalam Masjid Kenapa Ada Kuburan Sahabat di Dalam Masjid

Selasa, 04 Juni 2013 , 10:57:50
Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : Bekasi

Ustadz, bukankah islam melarang kuburan berada di dalam masjid? Lalu, bagaimana dgn kuburan beberapa shahabat nabi, seperti Khalid bin Al-Walid yg makamnya ada di sebuah masjid di Suriah? begitu pula Abdullah bin Amr bin Al-Ash yg kuburannya ada di dlm masjid tua di Kairo?

Jawab :

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“لَعَنَ اللَّهُ اليَهُودَ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ

Allah melaknat orang Yahudi dan Nasrani, karena mereka menjadikan kuburan-kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai tempat ibadah.”HR. Bukhari no.435 dan Muslim no.529

Nash ini jelas menunjukkan buruknya keberadaan kuburan di dalam masjid. Adapun perbuatan orang-orang belakangan yang membangun masjid di atas kuburan maka itu bukanlah dalil yang bisa dijadikan dasar pembolehan hal itu karena perbuatan ini bertentangan dengan nash yang jelas. Apalagi tidak ada bukti otentik yang menunjukkan bahwa kuburan tersebut memang kuburan sahabat Nabi yang dikubur di dalam masjid-masjid itu.

Seandainya semua perbuatan sebagian kaum muslimin atau mayoritasnya di suatu negeri bisa dijadikan hujjah maka akan ada beberapa nash yang tegas yang dilanggar, seperti memakruhkan rokok, bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahram dan semisalnya.

وبالله التوفيق

Oleh : Mukhsin Suaidi
Sudah dibaca oleh 612 orang

Share:

Follow Us: