jQuery Mobile Framework

Navigation Search

Tanya Ustadz

Menhilangkan iri dan dengki

Senin, 13 Februari 2012 , 11:42:03
Penanya : Akhwat

Assalamu'alaikum,
Bgmn cara menghilangkan rasa iri dan dengki? Sy sedih bgt, karena sering perasaan tsb sering muncul di hati saya, perasaan iri thd tman dsekitar sy.

Jawab :

Bahaya Hasad
Pertama:
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang itu, beliau bersabda;
لا تباغضوا، ولا تحاسدوا، ولا تدابروا، وكونوا عباد الله إخوانا.أخرجه البخاري رقم 6065 ومسلم رقم 2558
“Jangan kalian saling membenci, jangan kalian saling hasad, jangan kalian saling membelakangi dan jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara.

Kedua:
Hasad adalah penyakit umat terdahulu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:
دب إليكم داء الأمم قبلكم: الحسد والبغضاء، هي الحالقة، لا أقول تحلق الشعر ولكن تحلق الدين. أخرجه الترمذي رقم 2510. حسنه الألباني
“Telah datang dan menyebar kepada kamu penyakit umat manusia sebelum kamu; (yaitu) dengki dan kebencian; yang ini merupakan pencukur. Saya tidak katakan dia mencukur rambut, tetapi mencukur agama.”
Ketiga:
Penyakit Hasad menyakiti orang yang hasad itu sendiri sebelum menyakiti orang lain.

Diantara cara untuk mengatasinya:
Pertama:
Ketika seseorang mulai merasa ada rasa hasad yang muncul dalam hatinya hendaknya dia berusaha melawan rasa itu dan menahan diri jangan sampai rasa itu mendorongnya untuk berbuat buruk kepada orang yang dia hasad terhadapnya baik itu dengan perkataan atau perbuatan anggota badan.

Kedua:
Orang yang ingin bertaubat dari hasad hendaknya juga selalu meminta dan berdoa kepada Allah ta’ala untuk menghilangkan penyakit hati ini.

Ketiga:
Orang yang terkena penyakit ini juga hendaknya banyak melihat kepada orang yang keadaan dirinya berada dibawahnya supaya tahu betapa besar nikmat Allah yang dikaruniakan kepadanya sehingga timbul rasa syukur kepada Allah ta’ala.
Sebagian tulisan ini diambil dari perkataan syaikh Ibnu Baz, lih. Fatawa Nur Ala Ad-Darb hal.132

Wallahu a’lam

Oleh : Redaksi Salam Dakwah
Sudah dibaca oleh 1806 orang

Share:

Follow Us: